NEWS UPDATE :  

PERATURAN NON AKADEMIK

PERATURAN NON AKADEMIK

PERATURAN NON AKADEMIK SMA NEGERI 1 TIGO NAGARI

 

BAB I

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

 

A.        Pelaksana PPDB

1.      Pelaksanaan penerimaan Peserta didik Baru (PPDB) mengacu kepada Pedoman dan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta didik Baru yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

 

2.      Kegiatan PPDB diatur dengan langka-langkah sebagai berikut:

a.            Pendaftaran.

b.            Seleksi administrasi kelengkapan dan keabsahan dokumen.

c.            Penetapan calon peserta didik yang diterima.

d.            Pengumuman calon peserta didik yang diterima.

e.            Pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, jika calon peserta didik yang diterima, tidak mendaftar pada jadwal yang ditetapkan dinyatakan mengundurkan diri.

                 

B.        Seleksi dan Syarat Pendaftaran PPDB

1.      Seleksi Penerimaan Calon Peserta Didik dilakukan berdasarkan:

a.      Calon Peserta Didik yang telah mendaftar diranking berdasarkan zona terdekat dengan Satuan Pendidikan yang dituju.

b.      Jika ada calon Peserta Didik berada pada jarak yang sama diranking berdasarkan usia yang tertinggi.

c.      c. Calon peserta didik yang diterima, jika tidak mendaftar pada jadwal yang ditetapkan dinyatakan gugur.

d.      d. Calon peserta didik yang tidak diterima pada tahap 1 dapat mendaftar kembali untuk mengikuti seleksi tahap 2 di satuan pendidikan yang sama.

                 

2.      Persyaratan calon peserta didik baru meliputi:

a.      berusia paling tinggi 21 tahun;

b.      memiliki ijazah SMP/MTs/Program Paket B;

c.      bagi calon peserta didik yang memiliki ijazah dari Satuan Pendidikan luar negeri, maka ijazah tersebut harus mendapatkan penilaian dan pengesahan dari Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

d.      memiliki SHUN bagi lulusan SMP/MTs dan memiliki DNUN Paket B bagi Program Paket B;

 

e.      bagi calon peserta didik yang berkebutuhan khusus menyerahkan hasil penilaian/assesment yang dikeluarkan oleh lembaga resmi.

         

BAB II

MUTASI PESERTA DIDIK

A.        Mutasi Keluar

Syarat mengajukan pindah keluar dari SMA Negeri 1 Tigo Nagari

1.      Surat permohonan pindah dari oarng tua / wali 1 lembar

2.      Menyelesaikan segala urusan administrasi

3.      Peserta didik yang sudah dikelurkan surat pindahnya tidak dapat diterima kembali di SMA Negeri 1 Tigo Nagari

4.      Pengajuan Pindah pada awal semester I/II tahun pelajaran berjalan, dan paling lambat bulan agustus semester ganjil untuk XII.

 

B.        Mutasi Masuk

Syarat mengajukan pindah ke SMA Negeri 1 Tigo Nagari

1.      Memiliki Rapor asli SMA

2.      Surat keterangan pindah 1 lembar

3.      Surat ketrangan sudah dikelurkan dari dapodik sekolah asal

4.      Surat rekomendasi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

5.      Khusus pindah pada kelas XII, hanya bisa diterima pada bulan Juli (semester ganjil ) tahun pelajaran sedang berjalan.

 

BAB III

PERATURAN DAN TATA TERTIB SEKOLAH

A.     Tata Tertib Perpustakaan

1.   Umum

a.   Warga SMA Negeri 1 Tigo Nagari

b.   Seluruh siswa SMA Negeri 1 Tigo Nagari harus memiliki kartu  anggota perpustakaan

c.   Menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban di perpustakaan 

d.   Waktu pelayanan perpustakaan : Jam 07.30 – 13.00 WIB.

 

2.   Pengunjung

a.   Membawa kartu anggota perpustakaan Negeri 1 Tigo Nagari

b.   Berpakaian rapi

c.   Tas, topi, jaket dan buku cetak tidak boleh dibawa ke ruang perpustakaan

d.   Mengisi buku pengunjung.

e.   Tidak boleh membawa makanan dan minuman ke ruang perpustakaan.

 

3.   Peminjaman

a.   Menggunakan kartu anggota perpustakaan Negeri 1 Tigo Nagari, yang sesuai dengan identitas peminjam yang bersangkutan

b.   Jangka waktu peminjaman buku selama 5 hari

c.   Siswa boleh meminjam buku maksimal 4 buah buku

d.   Denda keterlambatan pengembalian buku : 1 hari Rp.200,-/buku

e.   Koran, majalah, novel, buku sastra hanya boleh dibaca diperpustakaan

f.    Jika buku yang dipinjam tersebut rusak atau hilang harus membayar ganti rugi sebesar seharga buku

 

B.     Ketentuan Kegiatan Pratikum

1.      Siswa tidak diperkenakan masuk ke dalam laboratorium tanpa izin guru.

2.      Alat-alat yang ada di dalam laboratorium tidak diperkenankan untuk dibawa keluar tanpa izin.

3.      Alat dan bahan harus digunakan sesuai dengan petunjuk pratikum yang diberikan dalam suatu percobaan. Siswa harus mengikuti petunjuk yang diberikan dan tidak bekerja menurut sekehendak hati.

4.      Jika ada alat yang rusak atau pecah hendaknya segera dilaporkan kepada guru.

5.      Jika dalam melakukan percobaan ada yang tidak dimengerti atau diragukan segeralah bertanya pada guru.

6.      Kecelakaan yang terjadi sekalipun kecil, seperti kena kaca, terbakar atau tertelan bahan kimia hendaklah dilaporkan segera pada guru.

7.      Stiker bahan yang hilang harus segera diberikan pada guru. Dengan pemberitahuan ini, guru dapat segera mengganti atau memperbaikinya

8.      Botol besar yang berisi bahan kimia jangan diangkat pada lehernya karena karena dengan mengangkat secara demikian ada kemungkinan leher botol patah / pecah.

9.      Tutup botol hendaknya dibuka sesuai cara yang dianjurkan dan setelah selesai menggunakan isinya, hendaknya tutup segera. Segera kembalikan pada tempatnya. Tutup botol jangan ditukar-tukar

10.   Dalam melakukan percobaan hendaknya digunakan bahan sedikit mungkin. Dengan bahan yang jumlahnya sedikit itu, mungkin hasilnya lebih baik dari bahan yang digunakan dengan berlebihan.

11.   Jika ada bahan kimia yang masuk ke dalam mulut dengan tidak disengaja, hendaknya bahan itu segera dikeluarkan dan kemudian berkumur dengan banyak air

12.   Jangan mencicipi sesuatu kalau tidak disuruh guru.,

13.   Tangan atau kulit atau baju jangan terkena asam atau alkali dan kalau kena, supaya dicuci dengan air sebanyak-banyaknya.

14.   Setelah selesai percobaan, alat-alat harus dikembalikan ketempat semula dalam keadaan bersih dan kering 

15.   Buanglah sampah pada tempatnya. Jangan pada bak cuci.

16.   Sebelum meninggalkan laboratorium meja pratikum harus dalam keadaan bersih, kran air dan kran gas ditutup dan kontak listrik dicabut.

Kalender Pendidikan

Januari 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
Cari